Supplier Lantai Vinyl

Keunggulan Lantai Vinyl Rumah Sakit Dibanding Jenis Lantai Lainnya

Dari masa ke masa industri di bidang kesehatan terus mengalami kemajuan yang berarti. Termasuk juga rumah sakit. Bukan hanya ditunjang dengan fasilitas kesehatan yang memadai, sebuah rumah sakit idealnya tetap memperhatikan sisi estetika dan kenyamanan orang-orang yang berada di dalamnya. Mulai dari arsitektur bangunan hingga lantai vinyl rumah sakit.

Keunggulan Lantai Vinyl Rumah Sakit Dibanding Jenis Lantai Lainnya

Saat ini lantai vinyl rumah sakit memang kerap dipilih. Sebab, banyak keunggulan lantai vinyl yang tidak kita temukan pada jenis lantai lainnya. Keunggulan-keunggulan tersebut meliputi:

Tidak Licin

Sebagai salah satu tempat dengan trafik kunjungan yang tinggi, lantai rumah sakit tidak boleh licin. Apalagi pengunjungnya sebagian besar adalah orang sakit. Saat sakit keseimbangan tubuh boleh jadi agak terganggu. Selain itu pertugas-petugas medis dituntut harus bergerak cepat. Apabila lantai licin akibatnya bukan hanya menghambat pergerakan saja, tapi juga dapat menimbulkan celaka seperti terpeleset.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diharapkan terjadi, maka memilih vinyl sebagai pelapis lantai rumah sakit merupakan pilihan sangat tepat. Setidaknya untuk saat ini. Sebab, permukaan vinyl sama sekali walaupun sebagian besar permukaannya tampak glossy. Keunggulan seperti itu sulit kita temukan pada lantai berbahan keramik.

Memang, lantai keramik ada juga yang memiliki permukaan kesat. Namun biasanya bukan jenis keramik yang cocok diaplikasikan di dalam ruangan utama atau kamar, melainkan di teras atau kamar mandi.

Nyaman Dipijak dan Tidak Berisik

Lantai vinyl rumah sakit persis halnya dengan karpet. Teksturnya empuk seperti bantalan dan tidak berisik ketika dipijak atau dilalui oleh benda-benda di atasnya, seperti suara kursi roda, kereta catering, maupun bed sorong. Memang sudah sepatutnya rumah sakit mengedepankan kenyaman dengan cara mengurangi sumber-sumber polusi suara.

Nah, nyaman dipijak dan tidak berisik hanya dapat kita temukan pada lantai vinyl. Bahkan sampai detik ini belum ada pelapis lantai yang mampu mencontoh keunggulan tersebut 100%. Lantai keramik dan parket sama-sama bertekstur keras dan padat. Suara benda padat yang bergesekan atau berbenturan di atasnya akan sulit sekali terhindar. Misal, suara derap sepatu, roda, maupun benda-benda padat dan keras yang jatuh di atasnya.

Anti Air dan Anti Bakteri

Sulit dipungkiri bahwa rumah sakit adalah tempat yang rentan sekali kotor. Sementara di sisi lain tempat ini juga dituntut harus selalu higienis. Karena itu berbagai upaya untuk menjaga lingkungan rumah sakit agar senantiasa bersih terus dilakukan. Salah satu upaya yang diambil ialah memilih vinyl sebagai pelapis lantai.

Mengapa harus vinyl?

Di antara jenis-jenis pelapis lantai lainnya, vinyl termasuk yang paling mudah dibersihkan. Ditambah pula dengan adanya lapisan anti air beserta anti bakteri pada permukaannya yang mampu membentengi lantai ini dari berbagai macam kuman, virus, dan bakteri berbahaya.

Lantai vinyl juga tidak mudah meresap zat cair yang tumpah di atasnya. Di rumah sakit tumpahan darah, cairan iodine, atau bahan-bahan kimia berbentuk cair lumrah terjadi. Terkhusus darah dan cairan iodine termasuk paling sukar hilang jika lantai tidak segera dibersihkan menit itu juga. Namun karena tingkat kesibukan yang tinggi, proses membersihkannya tidak selalu bisa dilakukan dengan segera.

Di situlah keuntungan menggunakan lantai vinyl. Lapisan waterproof yang dimilikinya menjadikan lantai senantiasa tetap kering dan tidak berjejak noda. Lantai yang kering menekan risiko pertumbuhan jamur dan perkembangbiakan bakteri jahat.

Mudah Dibersihkan

Selain diuntungkan oleh adanya lapisan anti air dan anti bakteri, penggunaan lantai vinyl rumah sakit juga memudahkan kita dalam membersihkannya kapan saja. Hal tersebut dikarenakan lantai tidak memiliki celah sebagaimana lantai keramik atau parket. Kalaupun ada sambungan, kerapatannya sangat tipis sekali. Sehingga debu, pasir, atau partikel-partikel kotoran sulit masuk.

Pada lantai keramik atau parket terdapat parit-parit yang tercipta dari sambungan pemasangan tiap-tiap kepingnya. Adanya celah memungkinkan debu atau pasir terjebak di dalamnya dan sulit dibersihkan. Apalagi pada bagian sudut-sudut lantai.

Mampu Menutupi Lantai hingga Bagian Tersulit Sekalipun

Sifat lentur vinyl memudahkan kita dalam proses pengaplikasiannya. Bisa ditekuk mengikuti bentuk bidang yang ingin ditutup. Di rumah sakit pemasangan lantai vinyl memang sedikit berbeda dengan di rumah. Untuk di rumah sakit, vinyl dipasang hingga menutupi sebagian dinding. Gunanya, agar sudut siku-siku yang terbentuk dari pertemuan dinding dan lantai menjadi lebih landai.

Di samping itu, tiap sheet vinyl memiliki bentangan yang lebar sehingga mampu mengcover lantai ruangan lebih luas. Tampilan akhirnya kelihatan lebih rapi karena minim potongan.

Pemasangan dan Perawatannya Mudah

Lantai vinyl tersedia dalam 2 bentuk yakni gulungan dan plank (kepingan). Masing-masing sudah dilengkapi dengan perekat khusus pada bagian belakangnya. Tinggal kita tempelkan saja ke permukaan lantai yang ingin dipasang vinyl. Tak memerlukan banyak alat kerja. Bila harus dipotong, hanya perlu pisau cutter saja. Semudah itu!

Lantai vinyl termasuk lantai yang “bandel”. Dengan kata lain, tahan gores, tekanan berat di atasnya, serta perubahan suhu. Tidak membutuhkan perawatan yang neko-neko dan menelan biaya besar. Sangat timpang bilang dibandingkan dengan lantai parket yang maintenancenya terbilang rumit serta mahal.

Tampilannya Apik

Dengan low budget kita tetap bisa mendapatkan pelapis lantai high quality dan tampilan yang menarik. Pilihan corak dan warna vinyl bukan main banyak. Tak tanggung-tanggung ada yang corak dan teksturnya mirip sekali dengan kayu. Tinggal pilih sesuai minat dan tema yang design interior rumah sakit.

Begitulah sejumlah keunggulan lantai vinyl rumah sakit dibandingkan jenis lantai lainnya. Tak heran jika banyak orang yang mulai beralih ke vinyl sebagai pelapis lantai rumah sakit, kantor, ataupun hunian mereka.