Supplier Lantai Vinyl

Lantai Vinyl Aman untuk Kesehatan, Fakta atau Mitos?    

Lantai Vinyl Aman Untuk Kesehatan Fakta Atau Mitos? Sebenarnya, karpet vinyl terbuat dari bahan Polyvinyl Chloride (PVC). Bukan hanya untuk lantai, pvc juga biasa digunakan dalam pembuatan pipa, selang air, dan mainan anak-anak.

Atas dasar penggunaan PVC itu pula sempat membuat sebagian orang ragu memilih vinyl sebagai pelapis lantai rumah mereka. Sebab Polyvinyl Chloride (PVC) disebut-sebut dapat membahayakan kesehatan.

Namun ternyata teknologi pelapis lantai dari berbagai merk ternama saat insi seperti Gerflor dan LX Hausys Floor terus berevolusi agar vinyl lantai aman untuk kesehatan dan bisa digunakan di mana saja.

Hal tersebut diperkuat dengan adanya sertifikasi aman yang dikeluarkan oleh lembaga penguji berwenang di USA. Jadi, perihal lantai vinyl sangat aman untuk kesehatan bukanlah mitos dan tak perlu dikhawatirkan lagi.

Bahkan kini lantai vinyl bukan hanya diaplikasikan pada lantai rumah saja, akan tetapi jugauntuk lantai rumah sakit, ruang bermain anak-anak, ruang senam/yoga, bahkan lapangan olahraga indoor.

Sejumlah Alasan Lantai Vinyl Aman Untuk Kesehatan

Selain mengantongi sertifikat aman, ternyata ada sejumlah alasan lain yang menguatkan bukti bahwa lembaran lantai vinyl aman untuk kesehatan.

Poin-poin berikut ini mungkin bisa jadi bahan pertimbangan bagi siapa saja yang masih ragu memilih menggunakan lantai vinyl. Berikut adalah penjelasan singkatnya:

Lantai Vinyl Ketika Dipasang Ternyata Tidak Bersekat

Lantai vinyl saat ini tersedia dalam bentuk lembaran (roll) dan papan (plank). Perbedaannya keduanya tidak terlalu jauh yakni terletak dari segi bentuk dan teknik pemasangannya.

Vinyl lembaran atau vinyl roll berbentuk seperti karpet gulungan. Jadi pemasangannya tinggal dihampar mengikuti bentuk lantai ruangan. Bila ada sudut-sudut yang berlebih, tinggal dipotong menggunakan cutter.

Sedangkan vinyl dalam bentuk papan atau vinyl plank mengingatkan kita pada lantai kayu atau parket. Berbentuk papan yang harus disusun satu per satu seperti menyusun bata atau pola tertentu sesuai keinginan.

Walau begitu, hasil pemasangan keduanya sangat membantu. Sekat antara lembaran  vinyl roll atau plank yang satu dengan yang lainnya sangat rapat bahkan bisa dibilang hampir tidak kelihatan sama sekali.

Dari kacamata estetika, ketiadaan sekat pada saat kita mengaplikan lantai vinyl membuat tampilannya terlihat lebih rapi. Namun, dari segi kesehatan hal tersebut berdampak positif pada kebersihan lantai.

Disadari atau tidak, sekat lantai adalah bagian “strategis” untuk tempat debu atau sampah-sampah mikro berkumpul. Sebab, celah-celah sempit paling sulit dijangkau dengan dengan sapu, alat pel, maupun vacuum cleaner.

Sementara pada vinyl, kita nyaris tidak menjumpai yang namanya sekat. Sehingga minim sekali kemungkinan debu atau sampah berukuran mikro menyelip di antaranya. Dengan demikian lantai lebih bersih dan steril.

 

Lembaran Lantai Vinyl Memiliki Lapisan Anti Air

Lantai vinyl telah dilaminasi dengan lapisan khusus anti air, yang memungkinkannya terhindar dari kelembaban berlebih. Kita tahu, bagian-bagian yang lembab kerap kali mengundang pertumbuhan bakteri dan flora.

Bila tingkat kelembaban tidak terkontrol dengan baik, maka lantai pun rentan lapuk. Kondisi terebut sering dialami pada lantai berbahan parket atau kayu solid. Saat air menggenangi permukaannya.

Lantai kayu paerket bila tidak segera kita keringkan maka air tersebut perlahan-lahan ikut meresap melalui pori-pori kayu hingga lapisan terbawah.Warna kayu pun berubah dan serat-seratnya akan kian merenggang.

Parahnya, bila lantai sempat ditumbuhi flora maka akan semakin sulit untuk dibersihkan. Hal seperti itu tidak akan terjadi bila Anda menggunakan lantai vinyl.

Sebab begitu air tertumpah, lapisan waterproof akan menahan air agar tetap berada di permukaan lantai saja sampai kita mengeringkannya. Alhasil lapisan bawah lantai tetap aman dan kering. Tidak ada bagian prospek yang dapat ditumbuhi oleh flora.

Permukan Karpet Vinyl Nyaman Disetiap Pijakan

Berbicara tentang karpet vinyl aman untuk kesehatan, bukan berarti fokus kita hanya seputar pada kebersihan lantai saja. Tapi juga tekstur dari lantai itu sendiri. Setiap orang punya masalah kesehatan yang berbeda-beda.

Sebagian orang mengalami kesehatan yang buruk pada kakinya sehingga membuat telapak kaki terasa sakit tiap berjalan. Kalau sudah begitu, landasan yang empuk sudah pasti jadi harapan mereka agar tidak menambah penderitaan.

Solusi tepat dan masuk akal ialah mengganti pelapis lantai di rumah atau kantor dengan vinyl. Telah terbukti tekstur permukaan lantai vinyl halus dan empuk ketika melakukan pijakan.

Persis senyaman menginjak bantalan. ‘Dan, kenyamanan tersebut tidak mungkin kita jumpai pada jenis pelapis lantai lainnya.

Dapat Meminimalkan Terjadinya Cedera Saat Jatuh

Tekstur dari lantai vinyl yang halus dan empuk juga dapat membantu meminimalkan terjadinya cedera saat terjatuh. Ntah itu disengaja atau tidak disengaja.

Namun, akibat terjatuh karena lanti licin tidak jarang dalam arti sudah banyak kasus-kasus patah tulang, luka robek, saraf bergeser pada bagian yang diawali dengan benturan pada lantai yang keras dan kasar. Misal, terjatuh atau terbanting .

Kemungkinan-kemungkinan terburuk dapat dicegah setelah Anda menggunakan lantai vinyl yang halus dan empuk. Tak heran jika pelapis lantai yang satu ini cukup sering dipasang di rumah sakit, ruang bermain anak, dan juga lapangan olahraga indoor.

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa tempat diatas adalah salah satu lingkungan yang paling berisiko terjadinya cedera.

Permukaan Lantai Kilap, Tetapi Tidak Licin

Semua orang pasti lebih suka melihat lantai yang mengkilap ketimbang kusam. Lantai kilap mampu memberi citra lantai tersebut bersih dan terawat. Hanya saja, tidak semua lantai yang mengkilap itu aman untuk dilewati.

Terkadang justru licin dan membahayakan. Cukup banyak konsumen yang mengeluhkan pelapis lantai berbahan keramik licin. Saat baru selesai dipel. Bila tidak hati-hati, kita akan mudah terpeleset saat melewatinya.

Bila Anda menginginkan lantai dengan permukaan yang mengkilap tapi tidak mau licin, segeralah beralih pada lantai vinyl. Walau tampilannya glowing, akan tetapi lantai karpet ini sama sekali tidak licin sekalipun baru dipel.

Jadi sangat aman dilewati siapa saja, terlebih anak-anak dan manula yang keseimbangan tubuhnya tidak stabil. Hal tersebut tentunya kita tidak harapkan bukan. Hanya karena lantai licin namun menelan korban.

Begitulah alasan kenapa vinyl aman untuk kesehatan. Sekaligus menyingkirkan mitos yang berlebihan tentang lantai ini. So, jangan ragu lagi ya. Pilih vinyl dan rasakan sendiri manfaatnya. Info detail silahkan hub supplier  lantai vinyl.